BERSAMA MASYARAKAT SAMBUT PROGRAM PENYEDIAAN SARANA AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT

Administrator 29 Juli 2017 07:56:00 WIB

PROGRAM PENYEDIAAN SARANA AIR MINUM

DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT

(PAMSIMAS III)

 

 

 

 

 

 

 

 

Prosedur Operasional Baku (POB)

IDENTIFIKASI MASALAH DAN ANALISIS SITUASI

1.            Pendahuluan

 

Salah satu tujuan dari proses perencanaan di masyarakat pada Program Pamsimas adalah membantu masyarakat dalam mengembangkan pengelolaan pelayanan sarana air minum dan sanitasi yang berkelanjutan dan digunakan secara efektif oleh masyarakat sendiri.

 

Pencapaian keberhasilan Pamsimas berdasarkan dampak yang terjadi dapat terlihat apabila:

  • Adanya keberlanjutan pelayanan sarana air minum dan sanitasi
  • Adanya perubahan perilaku masyarakat menuju perilaku hidup sehat serta terjadi peningkatan pelayanan kesehatan dan sanitasi
  • Adanya kesetaraan gender dalam proses dan hasil pencapaian program
  • Adanya perhatian program kepada masyarakat rentan
  • Sesuai kebutuhan masyarakat

 

Pelayanan sarana air minum dan sanitasi yang berkelanjutan secara efektif adalah sarana yang dapat berfungsi terus menerus, sehingga pengguna mendapat kepuasan yang tinggi dan bersedia untuk mengunakan dan memelihara sarana, serta sebagian besar masyarakat mempunyai akses.  Pelayanan sarana air minum dan sanitasi yang digunakan secara efektif adalah sarana yang oleh sebagian besar masyarakat digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan melestarikan lingkungan.

 

2.            Konsep Dasar

 

Methodology for Participatory Assessments (MPA) dan Participatory Hygiene and Santiation Transforrmation (PHAST) adalah suatu metodologi untuk membantu masyarakat, pelaku program, dan pengambil keputusan untuk mencapai keberlanjutan dan pemerataan pelayanan.  Metodologi ini dibuat untuk dapat melibatkan semua pihak dan dapat melakukan identifikasi masalah dan analisis situasi dengan melibatkan pengguna pelayanan utama yaitu kelompok masyarakat baik laki-laki, perempuan, kaya dan miskin.

 

 

3.            Manfaat MPA

 

Manfaat metoda MPA adalah:

 

  1. Peningkatan partisipasi masyarakat
  • Mendorong keikutsertaan setiap individu dalam proses kelompok tanpa memandang usia, jenis kelamin, kelamin, kelas sosial dan latar belakang pendidikan.
  • Mendorong keikutsertaan perempuan
  • Saling belajar antara sesama anggota kelompok

 

  1. Pemberdayaan masyarakat
  • Menambah rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab
  • Mudah dan menyenangkan dalam proses pengambilan keputusan oleh kelompok masyarakat

 

  1. Perubahan perilaku
  • Memperbaiki dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat
  • Mendorong usaha pencegahan penyakit
  • Mendorong masyarakat untuk mengelola dan menggunakan sarana air minum dan sanitasi
  • Meningkatkan pengetahuan tentang hubungan air minum dan sanitasi dengan status kesehatan
  • Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam merencanakan pembangunan sarana air minum dan sanitasi.

 

4.            Perencanaan Masyarakat dalam Pamsimas

 

4.1.         Kegiatan IMAS dengan MPA/PHAST

 

Setiap kegiatan IMAS (yang berupa tool MPA/PHAST) mempunyai tujuan khusus, sehingga dalam melaksanakan kegiatan dengan tool tertentu terlebih dahulu harus mengetahui tujuan (hasil) apa yang ingin dicapai. Kegiatan merupakan apa yang dikerjakan kelompok dengan tujuan untuk menemukan informasi (identifikasi masalah), memperoleh pengetahuan dan keterampilan, atau mengambil keputusan.

Untuk melaksanakan setiap kegiatan dalam IMAS telah disusun dalam bentuk POB yang memuat tentang:

 

  • Maksud dan tujuan
  • Waktu yang diperlukan
  • Alat bantu yang diperlukan
  • Personal/ kelompok dalam masyarakat yang diajak berdiskusi (Kaya/Miskin, Laki-laki/Perempuan)
  • Cara melaksanakan kegiatan (langkah-langkah proses kegiatan)
  • Lembar catatan

 

Dengan mengikuti pedoman tersebut masyarakat (termasuk masyarakat sekolah) dapat mengetahui kebutuhan mereka sendiri, menggunakan hasilnya untuk perencanaan pembangunan sarana air minum dan sanitasi umum, serta intervensi bidang kesehatan dan hygiene sanitasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

4.2.         Penggunaan Tools untuk Perencanaan

 

Tools yang digunakan pada tahap perencanaan kegiatan Pamsimas ini ditentukan berdasarkan kebutuhan informasi yang ingin didapatkan di tingkat masyarakatTools dimaksudkan sebagai alat untuk mendapatkan informasi, jadi bukan tujuan.

 

Penggunaan tools dan sistem skor dengan anggota masyarakat dapat menyediakan informasi yang berharga tentang:

 

  • Keadaan secara keseluruhan pada masyarakat mengenai status kesehatan yang berhubungan dengan air dan sanitasi
  • Kelebihan dan kekurangan dari fasilitas sarana air dan sanitasi yang ada
  • Keinginan perempuan dan laki-laki, kelompok kaya dan miskin, untuk pengembangan pada pelayanan mereka, dan kemauan mereka untuk membayar.

 

Hasil tiap proses IMAS di masyarakat, seperti peta sosial, data dan informasi dan sebagainya, ditinggalkan untuk masyarakat, Tim Fasilitator Masyarakat (TFM) hanya mengambil salinannya saja.

 

4.3.         Hasil IMAS

 

POB ini menyediakan uraian rinci dari masing-masing tool MPA/PHAST dan informasi yang diperlukan untuk diskusi anggota masyarakat dalam analisis situasi mengenai kesehatan, sarana air minum dan sanitasi. Informasi ini bermanfaat untuk mengidentifikasi masalah dan analisis situasi untuk penyusunan Proposal Desa, PJM ProAKSi, dan memilih prioritas opsi yang mungkin dimasukkan ke dalam RKM.  Hasil dari proses masyarakat seperti tercantum dalam POB ini harus dicatat di dalam Lembar Skor dan Catatan.

Dokumen Lampiran : BERSAMA MASYARAKAT SAMBUT PROGRAM PENYEDIAAN SARANA AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT


Komentar atas BERSAMA MASYARAKAT SAMBUT PROGRAM PENYEDIAAN SARANA AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

LAYANAN MOBIL SIAGA DESA


Kontak Langsung Pengemudi dengan cara klik gambar

LAYANAN SATU PINTU SIAGA CONVID-19 DESA PULOSARI


LAWAN KORONA DENGAN POLA HIDUP BERSIH (KLIK GAMBAR)

MARI BERGABUNG DI WA SAHABAT PEJUANG DESA

 

Layanan Mandiri Desa Pulosari


Untuk Mendapatak Biodata Penduduk Silahkan konfermasi dengan Admin melalui SMS Gate Way atau Wa 0852195159909 untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Ketik NIK & PIN (KTP Pulosari)

 

 

Komentar Terkini

  • yarianus alom :saya butu download aplikasih ini...baca selengkapnya
    ditulis pada 22 Juli 2020 08:08:42 WIB

  • Djufri Achmad :Mantap luar biasa Desa Pulosari sebagai salah desa...baca selengkapnya
    ditulis pada 15 Juni 2020 11:26:10 WIB

  • IFAN :APAKAH susunan org dN TTA kerja pem des ini terca...baca selengkapnya
    ditulis pada 13 Februari 2020 14:14:15 WIB

  • JULFIKAR :gan minta contoh rab dan laporan spj lengkap penge...baca selengkapnya
    ditulis pada 05 September 2019 11:29:00 WIB

  • fika yunifa efrianinrum, M.Pd :Mohon data demografi penduduk berdasarkan pendidik...baca selengkapnya
    ditulis pada 28 Agustus 2019 04:49:51 WIB

  • Firman :mantap, sangat membantu......baca selengkapnya
    ditulis pada 22 Mei 2019 20:06:16 WIB

  • IRHAM :gan minta contoh rab dan laporan spj lengkap penge...baca selengkapnya
    ditulis pada 26 Maret 2019 20:42:23 WIB

  • :...baca selengkapnya
    ditulis pada 10 Februari 2019 17:26:39 WIB

  • Lydia Ratna arief :Saya sdh membaca dan mempelajari dasa wisma ini, ...baca selengkapnya
    ditulis pada 07 Februari 2019 08:01:48 WIB

  • SAURMAN SILALAHI :DESA YANG MAJU,APAKAH DESA INI SUDAH PUNYA BUM DES...baca selengkapnya
    ditulis pada 18 Januari 2019 23:24:18 WIB

  • Seputar Pulosari

    FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

    Dapatkan Website Versi Android


    Silahkan Click gambar untuk mendapakan aplikasi download ikuti sesuai petujuk.

    POKDARWIS


    Dapatkan informasi dokumen kegiatan Pokdarwis Desa Pulosari dengan cara klik gambar

    REGULASI :