KUMPULAN PERDES 2019

Administrator 18 Agustus 2019 20:29:51 WIB

Produk Hukum Desa Produk hukum desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama BPD. Produk hukum ini dinamakan Peraturan Desa  yang amat penting sebagai pedoman bagi pemerintah desa dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembagunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Produk hukum desa terdiri dari Perdes, Peraturan Bersama Kepala Desa dan Peraturan Kepala Desa. Jika  perdes yang menjadi pedoman tersebut lazimnya terkait perencanaan, anggaran, tata ruang dan organanisasi pemerintah desa, maka peraturan bersama Kepala Desa tertuju kepada perpaduan kepentingan antara dua atau lebih desa yang melakukan kerjasama. Sementara Peraturan Kepala Desa merupakan aturan pelaksanaan dari perdes. Jenis peraturan ini sebelum diberlakukan harus dibuat menurut mekanisme tertentu.

Mekanisme penyusunan produk hukum desa ini diatur dalam Pasal 83 s/d 89 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 serta Peraturan Menteri  (yang hingga kini belum ada) cenderung rumit, karenanya mekanisme tersebut harus dipraktekkan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. Mekanisme penyusunan produk hukum desa sebagai peraturan perundang-undangan,  dapat mengikuti pula tata cara pembentukan peraturan perundang-undangan sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.  Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, ketika perdes akan dibentuk tidak perlu diawali oleh mekanisme penyusunan sebuah naskah akademis seperti perancangan undang-undang dan peraturan daerah, akan tetapi bila masyarakat desa memiliki kemampuan dapat saja mengikutinya. Sebab peraturan perundang-undangan seperti perdes harus jelas urgensi dan alasan-alasannya sehingga perlu dibuat.

Paling tidak dijelaskan mengapa sebuah perdes itu layak untuk dibuat. Bahkan dapat saja memanfaatkan metode LP2K3 (Landasan Pemikiran, Peraturan, Partisipasi Masyarakat, Kepentingan, Kemampuan dan Kultur Hukum) sebagaimana dikemukakan oleh Ahmad Ruslan (2013 : 144). Penggunaan metode ini dalam mengkaji suatu masalah yang akan diatasi dengan pembentukan suatu perdes harus diarahkan pada kajian tentang 3 (tiga) pilar yakni (a) pilar landasan pemikiran (filosofis, sosiologis, yuridis dan politis). (b) Pilar budaya masyarakat dan (c) pilar perancangan. Penggunaan / tidaknya metode ini akan menentukan klasifikasi model perancangan perundangundangan. Bila digunakan, klasifikasi perancangannya tergolong model yang moderen dan sebaliknya.  Dalam merancang produk hukum desa seperti perdes yang aspiratif dan akomodatif berkaitan erat dengan persoalan relevansi substansi materi perdes dengan kehendak masyarakat, hal ini berarti partisipasi masyarakat dalam perancangan perdes merupakan suatu keharusan bahkan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa mewajibkan substansi peraturan desa wajib dikonsultasikan kepada masyarakat. Tujuannya adalah : menciptakan peraturan desa yang responsif sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa mencapai sasarannya.

Kumpulan Peraturan Desa Pulosari Tahun 2019

KUMPULAN PERDES TAHUN 2019

Komentar atas KUMPULAN PERDES 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

LAYANAN MOBIL SIAGA DESA


Kontak Langsung Pengemudi dengan cara klik gambar

MARI BERGABUNG DI WA SAHABAT PEJUANG DESA

 

Layanan Mandiri Desa Pulosari


Untuk Mendapatak Biodata Penduduk Silahkan konfermasi dengan Admin melalui SMS Gate Way atau Wa 0852195159909 untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Ketik NIK & PIN (KTP Pulosari)

 

 

Komentar Terkini

  • JULFIKAR :gan minta contoh rab dan laporan spj lengkap penge...baca selengkapnya
    ditulis pada 05 September 2019 11:29:00 WIB

  • fika yunifa efrianinrum, M.Pd :Mohon data demografi penduduk berdasarkan pendidik...baca selengkapnya
    ditulis pada 28 Agustus 2019 04:49:51 WIB

  • Firman :mantap, sangat membantu......baca selengkapnya
    ditulis pada 22 Mei 2019 20:06:16 WIB

  • IRHAM :gan minta contoh rab dan laporan spj lengkap penge...baca selengkapnya
    ditulis pada 26 Maret 2019 20:42:23 WIB

  • :...baca selengkapnya
    ditulis pada 10 Februari 2019 17:26:39 WIB

  • Lydia Ratna arief :Saya sdh membaca dan mempelajari dasa wisma ini, ...baca selengkapnya
    ditulis pada 07 Februari 2019 08:01:48 WIB

  • SAURMAN SILALAHI :DESA YANG MAJU,APAKAH DESA INI SUDAH PUNYA BUM DES...baca selengkapnya
    ditulis pada 18 Januari 2019 23:24:18 WIB

  • yayatkoe :mantapz.....baca selengkapnya
    ditulis pada 20 Desember 2018 06:54:49 WIB

  • urwannongme :Terimakasih atas petunjuk bagi buat kami yang tida...baca selengkapnya
    ditulis pada 03 Desember 2018 13:57:38 WIB

  • PONIMAN MAKU :Mohon dibantu cara membuat Buku Kas Umum yang angg...baca selengkapnya
    ditulis pada 08 November 2018 19:10:41 WIB

  • Seputar Pulosari

    FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

    Dapatkan Website Versi Android


    Silahkan Click gambar untuk mendapakan aplikasi download ikuti sesuai petujuk.

    POKDARWIS


    Dapatkan informasi dokumen kegiatan Pokdarwis Desa Pulosari dengan cara klik gambar

    REGULASI :